|
inulwara.blogspot.com |
Pembelajaran
merupakan jiwa institusi satuan pendidikan yang
mutunya wajib ditingkatkan secara terus menerus. Hal ini dapat dimengerti,
karena peserta didik mendapatkan pengalaman belajar formal
terbanyak selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Kondisi ini menuntut
semua pihak untuk menyadari pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran secara
berkelanjutan, dimana guru adalah ujung tombaknya. Oleh sebab itu, profesi guru
harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang berkualitas dan
bermartabat. Profesi guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat
penting dalam mencapai visi pendidikan, yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas, komprehensif dan kompetitif.
Masyarakat dan pemerintah mempunyai kewajiban
untuk mewujudkan kondisi yang memungkinkan guru dapat melaksanakan pekerjaannya
secara profesional, bukan hanya untuk kepentingan guru, namun juga untuk
pengembangan peserta didik dan demi masa depan bangsa Indonesia. Dalam rangka membangun profesi guru
sebagai profesi yang bermartabat, yakni untuk
mencapai visi pendidikan nasional melalui proses pembelajaran yang berkualitas,
maka perlu dilaksanakan penilaian kinerja gurusecara berkelanjutan dan teratur.
Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran
penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan
mampu
berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk
mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu
pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur,
dan berkepribadian. Tidaklah
berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan
secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain
itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan
sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan penilaian kinerja guru yang menjamin
terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.
Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian
kinerja guru dilaksanakan untuk
mewujudkan guru yang profesional, karena
harkat
dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Selain hal tersebut penilaian
kinerja guru
juga untuk menunjukkan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka
untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan
kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas
pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai
tenaga
profesional.
Untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang profesional di bidangnya,
maka penilaian
kinerja guru harus dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang
diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Guru dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja
di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi juga mencakup guru
yang bekerja di satuan pendidikan di
lingkungan
Kementerian Agama.
Hasil penilaian kinerja guru dapat dimanfaatkan untuk
menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Hasil penilaian kinerja guru juga merupakan
dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir
guru sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16
Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika
semua ini dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita
pemerintah untuk menghasilkan ”insan yang cerdas komprehensif dan berdaya saing
tinggi” lebih cepat direalisasikan.
Sumber: Buku Pedoman Kinerja Guru
Bagi Anda yang membutuhkan Buku Pedoman Kinerja Guru (PKG) dapat mengunduhnya pada link di bawah ini.
Mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Mudahan dengan buku ini kita sebagai pendidik akan lebih termotivasi lagi untuk kemajuan kualitas pendidikan bangsa kita, amin. :D