|
inulwara.blogspot.com |
Bagaimana kabarnya PADAMU? Tentu tidak lupa
kan? Iya, pasti ingat terus karena aplikasi yang satu ini merupakan sebuah
aplikasi yang diperuntukan sebagai keabsahan status NUPTK seorang Pendidik dan
Tenaga Kependidikan (PTK) dan sebuah bukti seorang PTK bisa dikatakan selalu
eksis dan aktif dalam dunia pendidikan, tanpa aplikasi ini mungkin NUPTK
seorang PTK akan non aktif atau dihapus oleh BPSDMPK-PMP sehingga status PTK
yang bersangkutan di dunia pendidikan masih belum bisa dipastikan keabsahan dan
eksistensinya.
Mengutip dari laman resmi aplikasi
PADAMU di http://cari.padamu.siap.web.id/#!/nuptk
tentang vitalitas NUPTK ini
bahwa NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi
Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan
SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang
harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti
program-program Kementerian lainnya, antara lain:
- Sertifikasi
PTK
- Uji
Kompetensi PTK
- Diklat PTK,
dan
- Aneka
Tunjangan PTK
Mungkin kebanyakan bapak/ibu saat ini hanya
sebatas ingat dengan aplikasi ini tanpa pernah mencoba untuk login atau masuk
kembali ke akun NUPTK Anda masing-masing. Nah, pada kesempatan ini saya ingin
mengingatkan kembali tentang aplikasi berbasis web ini kepada Anda semua bahwa
aplikasi PADAMU sekarang sudah ditambahkan beberapa fitur baru tentang data
para PTK untuk keperluan merevisi atau memperbarui data.
Untuk saat ini, fitur baru yang dimaksud terdiri
2 macam, antara lain: 1) Fitur “Data PADAMU Anda” meliputi: (1) biodata &
identitas; (2) riwayat dan prestasi. dan 2) Fitur “Pengajuan” menyangkut
tentang “Pindah Sekolah Induk”. Lalu bagaimana cara mengedit, merevisi atau
menambah data baru dengan fitur tersebut? Berikut ini akan saya paparkan
tentang langkah-langkah yang dimaksud.
Silakan cermati paparan di bawah ini:
- Silakan
buka alamat http://padamu.siap.web.id kemudian
pilih “LOGIN PTK” menggunakan nomor NUPTK dan password Anda masing-masing.
- Lihat
fitur beranda sebelah kiri “Data PADAMU Anda” di bawahnya ada dua fitur
tambahan yakni: (1) biodata & identitas; (2) riwayat dan prestasi. Silakan pilih
fitur tersebut sesuai keperluan Anda mana yang perlu diedit/revisi atau diperbarui
datanya.
- Untuk
mengedit/revisi data yang sudah ada karena terdapat kesalahan pada pengentrian
data terdahulu, Anda cukup klik tanda anak panah (lihat nomor 3 pada gambar 2)
lalu pilih “edit”.
- Jika
Anda ingin menambah data, Anda jangan mengklik tanda anak panah seperti langkah
di atas, tapi Anda klik tanda “+” (lihat nomor 4 pada gambar 2).
- Setiap perubahan data yang kita lakukan akan diminta untuk dijadikan “PERMANEN” (lihat
nomor 5 gambar 2). Oleh karena itu saya sarankan, setiap data yang
diedit/revisi atau diperbarui jangan langsung klik “PERMANEN” namun silakan
pilih lagi data yang kira-kira perlu kita edit/revisi atau perbarui, baru tahap
akhir Anda klik “PERMANEN” jika semua data sudah dirasa betul dan tidak ada
lagi yang perlu diedit/revisi atau diperbarui.
- Selanjutnya,
silakan print bukti pembaruan data (setelah Anda klik permanen) dan serahkan ke
admin disdik setempat untuk diproses menjadi betul-betul permanen.
- Seandainya data yang Anda edit/revisi atau perbarui ternyata malah salah, Anda dapat membatalkannya dengan mengklik "Batalkan Seluruh PERUBAHAN DATA" (lihat nomor 5 gambar 2). Hal ini dapat dilakukan sebelum Admin disdik menyetujui perubahan data secara "PERMANEN" dari tanda bukti pembaruan data yang kita serahkan seperti poin 6 di atas.
Demikian artikel yang dapat saya paparkan, mudahan dapat membantu Anda dalam
mengedit/revisi atau memperbarui data NUPTK Anda dengan baik. :D