|
Batas waktu terakhir sinkronisasi aplikasi PMP |
Batas akhir penginputan sekaligus pengiriman Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) telah ditetapkan pada tanggal 31 Agustus 2018. Meskipun terbilang masih lama, namun permasalahan gagal login akun PMP yang dialami sebagian Operator sekolah patut dipertanyakan dan dicari solusinya.
Jika tidak segera bertindak, tentunya dapat berakibat pada terhambatnya pengiriman data ke server pusat untuk diolah data-datanya sebagai langkah pemetaan kualitas dan kuantitas pendidikan sekolahnya.
Setiap Satuan Pendidikan wajib melakukan pemetaan mutu dengan melengkapi data dalam instrumen pemetaan mutu melalui pengisian aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan versi terbaru. Artinya, bagi sekolah yang masih menggunakan aplikasi PMP lama, maka harus meng-uninstal-nya dan menginstalasi aplikasi PMP versi terbaru.
Kewajiban pengisian aplikasi ini meliputi: pengawas sekolah, kepala sekolah, perwakilan guru, perwakilan siswa dan perwakilan komite sekolah. Setiap mereka mewakili sekolah mengisi secara langsung, jujur, dan bertanggungjawab terhadap kondisi penyelenggaraan pendidikan di sekolah tersebut mengunakan aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan.
Untuk Anda yang ingin mencermati perintah pengisian PMP, silakan unduh Surat Edaran Dirjen Dikdasmen tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019 Nomor 21/D/PO/2018 di sini.
Pengisian dan pengiriman data pada aplikasi PMP ini tentunya tidak akan berhasil jika untuk login ke aplikasinya saja tidak bisa dilakukan atau bisa login namun aplikasi tak dapat digunakan (error). Gagal login akun PMP sebenarnya bisa disebabkan karena terindikasi hal-hal berikut:
- Aplikasi PMP yang terpasang masih versi lama; atau
- Aplikasi Dapodik telah di-uninstal pada laptop.
Lalu bagaimana solusinya? Kedua penyebab di atas dapat Anda selesaikan dengan melakukan tahapan berikut ini:
- Uninstal aplikasi PMP versi lama kemudian instalasi dengan versi terbaru;
- Jika pada laptop Anda telah dicopot/uninstal aplikasi Dapodik, maka segeralah instal ulang aplikasi Dapodiknya.
Jika aplikasi Dapodik tidak tersedia pada laptop Anda, maka aplikasi PMP tidak akan dapat dijalankan karena pada dasarnya aplikasi PMP terintegrasi dengan aplikasi Dapodik.
Dalam hal instal ulang Dapodik, gunakanlah aplikasi versi update terakhir (2018.b). Itukan versi lama, bukan versi baru? Ya, untuk aplikasi Dapodik tahun pelajaran 2018/2019 memang belum rilis, makanya tetap menggunakan versi terakhir update aplikasi tersebut.
Bagaimana jika menunggu rilis aplikasi Dapodik tahun pelajaran baru saja? Itulah yang dikhawatirkan, jika menunggu aplikasi Dapodik semester 1, takutnya penginputan dan pengiriman aplikasi PMP akan terhambat dan melewati batas akhir yang telah ditetapkan karena aplikasi Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 belum diketahui secara pasti kapan rilisnya.
Itulah beberapa indikasi yang memungkinkan terjadinya gagal login pada aplikasi PMP atau mengapa aplikasi PM tidak dapat dijalankan. Semoga bermanfaat!