Frequently Asked Questions (FAQ) atau dengan kata lain "tanya jawab" yang umum ditemui baik pada forum Dapodik maupun secara pribadi seputar Dapodikdas versi 2020 berikut ini mungkin bisa menjawab permasalahan yang Anda hadapi.
|
Tampilan halaman depan aplikasi Dapodikdas versi 2020 |
Namun, saya tidak menjamin 100% setiap jawaban yang ada akan memecahkan permasalahan Anda meskipun pada kasus yang sama. Karena bisa saja terdapat faktor lain yang mempengaruhi pada kasus yang Anda alami tersebut.
Berikut beberapa pertanyaan umum (FAQ) seputar permasalahan Dapodikdas versi 2020 yang sering diutarakan para operator sekolah:
FAQ 1
Tanya: Mengapa di menu validasi data ruang ini tampil, sementara di menu sapras data ruang ini tdak tampil? (Lihat gambar).
Jawab: Sekolah ini dulunya pernah memiliki ruang praktik. Namun di versi yang baru, ruang praktik hanya untuk jenjang SMK. Solusi? Tunggu patch 2020.a.
FAQ 2
Tanya: Selesai instalasi malah jumlah GTK dan tendik 0 (tidak ada semua), bagaimana solusinya?
Jawab: Klik tombol salin penugasan di tabel PTK, maka data PTK tahun sebelumnya akan muncul semua. Penugasan PTK di sekolah harus di setting pertahun ajaran. Dengan tombol salin penugasan tersebut memudahkan sekolah untuk meng-assign penugasan masing-masing PTK-nya di tahun ajaran baru.
FAQ 3
Tanya: Mengapa di tabel kesejahteraan peserta didik tidak ada pilihan kartu indonesia pintar ? (Lihat gambar)
Jawab: Klik dulu tombol penerima KIP, maka pilihan KIP di tabel kesejahteraan peserta didik akan muncul.
FAQ 4
Tanya: Mengapa saat instalasi terjadi eror seperti di gambar?
Jawab: Ada komponen Windows yang kurang. Unduh komponen tersebut lalu install kembali aplikasi Dapodik-nya.
FAQ 5
Tanya: Mengapa TMT KGB/Pangkat dan Golongan dinyatakan invalid padahal isiannya sesuai?
Jawab: Hapus baris TMT tersebut lalu input-kan lagi dengan isian yang sama, kemudian lakukan sinkronisasi.
FAQ 6
Tanya: Siswa tidak lulus, siswa DO masuk kembali, bagaimana solusinya?
Jawab: Lapor ke dinas kab/kota untuk membatalkan siswa keluarnya di aplikasi manajemen dinas lalu pihak sekolah melakukan sinkronisasi. Dan nantinya, siswa tersebut muncul di aplikasi Dapodik sekolahnya lagi. Masukkan kembali ke rombel yang sesuai. Jangan lupa sesuaikan juga dengan registrasi peserta didiknya.
FAQ 7
Tanya: Saat instalasi terjadi eror seperti di gambar. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?
Jawab: Ini disebabkan karena ada aplikasi lain yang sudah terpasang di komputer menggunakan port yang sama dengan Dapodik. Cek lagi dan uninstall aplikasi tersebut yang bentrok dengan port milik aplikasi Dapodik.
FAQ 8
Tanya: Database masih terdeteksi versi lama 2.98d, bagaimana solusinya?
Jawab: clear cache atau hapus history browser kemudian reload/refresh (tekan f5).
FAQ 9
Tanya: Mohon solusinya, DapodikWebSrv di services muncul seperti ini (lihat gambar), dan saat mau masuk ke localhost tidak tersambung.
Jawab: DapodikWebSrv dan DapodikDB harus dijalankan (start). Caranya masuk ke services task manager. Atau tekan tombol windows+R lalu ketikan perintah "services.msc". Silakan cari DapodikWebSrv dan DapodikDB lalu klik "start". Dan jangan lupa matikan antivirus.
FAQ 10
Tanya: Bagaimana cara input data siswa baru ?
Jawab:
- Untuk siswa kelas 1 SD dapat menggunakan tarik data data PAUD/TK atau tambah secara manual di aplikasi Dapodik sekolah;
- Untuk siswa kelas 7 SMP dan 10 SMA/SMK dapat menggunakan tarik data dari sekolah asalnya;
- Untuk siswa baru yang berasal dari luar Dapodik (MI, MTs, luar negeri) dapat menginputkan melalui web Dapodik kemudian di-approve oleh dinas pendidikan setempat; dan
- Untuk daerah yang sudah terintegrasi PPDB ke Dapodik tidak perlu menarik lagi karena siswa baru tersebut sudah muncul di aplikasi Dapodik masing-masing sekolah secara otomatis.
Berikut Daftar kab/kota/prov yang telah melakukan migrasi data PPDB ke dalam Dapodik:
FAQ 11
Tanya: Saya lupa password, adakah solusinya?
Jawab: Buka direktori C, pilih folder Dapodik/Webserver/logs/acces.log. Selanjutnya, silakan tekan CTRL+F lalu ketikan perintah berikut: "getEncryptPass" (tanpa tanda kutip). Lihat informasi yang muncul. Bagian atas merupakan password lama sedangkan bagian bawah adalah password baru.
FAQ 12
Tanya: Pas mau sinkronisasi, mengapa di aplikasi Dapodikdas malah muncul tulisan ini? (lihat gambar)
|
Pesan error saat mau sinkronisasi |
Jawab: unduh file-nya di sini lalu timpakan ke direktori C:/Program Files (x86)/Dapodik/dataweb/synch_dikdas.
Demikian beberapa FAQ Dapodikdas versi 2020 yang mungkin bisa menjawab permasalahan Anda dalam menggunakan aplikasi tersebut.
Tanya jawab ini akan diupayakan untuk terus di-update sesuai kasus-kasus yang muncul yang menjadi kendala pada sebagian operator sekolah.